Senin, 02 Juni 2008

PERAN INDUSTRI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT VS INDUSTRI MINYAK NABATI LAINNYA DALAM PEMANASAN GLOBAL

Dalam hal emisi karbon, Indonesia secara cepat dianggap sebagai negara ke tiga terbesar penghasil gas rumah kaca yang oleh para ahli dipercaya sebagai dalang Global Warming atau fenomena pemanasan global sesudah Amerika dan China, demikian hasil konklusi studi para ahli lingkungan Wetland International dan Delft Hydraulics yang keduanya berasal dari Netherland. Emisi gas rumah kaca tersebut dikatakan disumbangkan dari industri perkebunan yang dianggap menghancurkan hutan-hutan tadah hujan, perluasan lahan perkebunan dengan mengeringkan dan membakar tanah-tanah gambut dan kerusakan lahan akibat pemakaian pupuk kimia secara berlebihan. Praktek-praktek tersebut di atas ini sangat mengejutkan dan langsung merubah citra positif sawit menjadi sebaliknya bahkan sangat buruk kata Allex Kaat juru bicara Wetlands salah satu group pelestari lingkungan sebagai mana dilaporkan majalah Info Sawit, Edisi Nopember 2007.

Ada hal yang menarik untuk kita sama-sama kaji. Bahwa industri perkebunan kelapa sawit tumbuh karena adanya kebutuhan masyarakat dunia akan minyak nabati yang sangat tinggi, dan kita semua tanpa sadar menikmati begitu banyaknya produk-produk baik makanan, kosmetik, obat-obatan dll yang bahan dasarnya dari minyak kelapa sawit. Pertanyaannya adalah seberapa besar sumbangan industri kelapa sawit terhadap kerusakan lingkungan dan pemanasan global dibandingkan dengan industri minyak nabati lainya seperti kedelai dan repeseed oil.
Kelapa sawit dapat menghasilkan minyak sawit mentah (CPO) 5-7 ton/ha/tahun, dan apabila dijadikan minyak makan akan menjadi 3-5 ton per ha/tahun. Bandingkan dengan minyak yang dapat dihasilkan dari kedelai yaitu 0,32 ton/ha dan dari repeseed oil hanya 0.62 ton/ha (Saragih, 2001).

Artinya dari sisi kebutuhan lahan untuk perkebunan kelapa sawit dalam rangka pemenuhan permintaan pasar akan minyak nabati akan lebih sedikit dibandingkan dengan lahan untuk menghasilkan minyak kedalai atau repeseed oil. Atau kebutuhan lahan untuk menghasilkan setiap ton minyak nabati dari kedalai adalah 10 kali lipat dibandingkan dengan minyak kelapa sawit dan jika dibandingkan dengan kebutuhan lahan untuk repeseed oli adalah 5 kali lipat dari kebutuhan luas lahan minyak kelapa sawit.

Dari sisi jumlah biomasa, volume biomasa per hektar kebun kelapa sawit jauh lebih besar dibandingkan dengan kedelai artinya, jumlah karbon yang diserap dan disimpan tanaman kelapa sawit akan jauh lebih besar dibandingkan dengan tanaman kedelai.

Dari sisi lamanya karbon tersimpan, kebun kelapa sawit mempunyai daur hidup 25 sampai 30 tahun, sedangkan kedelai adalah tanaman semusim yang daur hidupnya hanya dalam hitungan bulan. Artinya karbon yang tersimpan pada biomasa kelapa sawit jauh lebih lama dibandingkan dengan tanaman kedelai. Menurut Hairiah dan Rahayu (2007), bahwa tanaman auat pohon berumur panjang yang tumbuh dihutan maupun dikebun campuran merupakan penimbunan atau penyimpan C (rosot C = C Sink) yang jauh lebih besar dai pada tanaman semusim.

Dari tiga alasan tersebut yaitu luas lahan yang dibutuhkan, jumlah karbon diserap, dan lamanya karbon tersimpan dalam daur hidupnya, maka dunia atau kita semua harus berterima kasih pada industri kelapa sawit yang telah memenuhi kebutuhan pangan kita dengan resiko lingkungan yang lebih rendah dibandingkan dengan indutri minyak nabati lainnya. Jadi tidak ada alasan untuk mengatakan bahwa idustri kelapa sawit merupakan penyumbang pemanasan global bahkan bisa kita katakan bahwa perkebunan kelapa sawit dapat merupakan paru-paru dunia, yang mampu menyerap karbon dalam jumlah yang besar.

Namun demikian kita juga tidak menutup mata kalau industri kelapa sawit dapat menyumbangkan emisi gas rumah kaca, sama dengan kegiatan-kegiatan lainnya di bumi ini. Sumber-sumber GRK dari pembangunan perkebunan kelapa sawit ini yakni dari :
Pembukaan lahan dan kebakaran lahan dimana terjadi pemusnahan tanaman yang ada diatasnya. Namun dengan teknologi pembukaan lahan tanpa bakar, hal ini dapat diminimalisir. Dimana karbon dari biomasa yang melapuk sebagian akan tersimpan di tanah dalam bentuk humus.
Kegiatan pabrik kelapa sawit, yaitu dari pembakaran di pembangkit dan dari limbah yang dihasilkannya.
Kegiatan transportasi pengangkutan hasil dan kegiatan lainya di dalam perkebunan.

Murdiyarso (2003) menegaskan bahwa emisi (buangan) industri merupakan sumber kerusakan utama terbentuhya karbon di atmosfir yang menyebabkan terjadinya pemanasan bumi ("global warming") dan perubahan iklim. "Kyoto Protokol 1997" dengan United Nation Framework Convention on Climate Change-nya membuat suatu mckanisme baru dimana negara-negara industri dan negara penghasil polutan terbesar diberi kesempatan untuk melakukan kompensasi dengan cara membayar negara-negara berkembang untuk mencadangkan hutan tropis yang mereka miliki sehingga tedadi "sequestration" atau penyimpanan sejumlah besar karbon
Referensi:
Hairiah K dan S. Rahayu. 2007. Pengukuran Karbon Tersimpan di Berbagai Macam Penggunaan Lahan. World Agroforestry Centre – ICRAF, SEA Regional Office. Bogor.
Murdiyarso, Daniel. 2003. Protokol Kyoto Impikasinya bagi Negara Berkembang. Penerbit Buku Kompas. JakartaSaragih, Bungaran. 2001. Suara dari Bogor : Membangun Sistem Agribisnis. Pustaka Wira Usaha Muda.

2 komentar:

INFO SAWIT mengatakan...

mohon dapat mengirimkan tulisan mengenai GHG ini kepada InfoSAWIT, mohon dapat dilampirkan data-data konkret mengenai palm oil.
Terima kasih.

salam power sawit,
Ignatius Ery Kurniawan

HIMASETA FP UPN YK mengatakan...

maaf pak, kami mahasiswa agribisnis upn veteran yogyakarta. setelah membaca artikel bapak tentang kelapa sawit, kami sangat tertarik dan ingin mencari informsi lebih lanjut tentang perkebunan kelapa sawit di indonesia.kami mau tanya tentang dampak kelapa sawit terhadap ekonomi dan lingkungan bagi masyarakat dan indonesia. kami mengaharapkan bapak bersedia memberikan informasi.
terimakasih sebelumnya.

himaseta_fp_upnyk@rocketmail.com